Friday, June 26, 2009

Animasi Instan Ala Deco Tool


Anda kerap menggunakan Flash? Kalau iya, mungkin Anda tidak asing dengan Deco Tools yang merupakan salah satu tool anyar di Adobe Flash Professional CS4. Dengannya, Anda dapat membuat pola animasi instan yang ampuh digunakan untuk beragam keperluan.

Bagi orang awam, penggunaan serta fungsi tool ini bisa sedikit membingungkan. Namun, jika telaten menelusuri fiturnya, Anda bisa membuat pola animasi yang unik dari sebuah animasi sederhana. Membuat animasi dengan banyak obyek juga dapat Anda lakukan secara cepat dan instan.

Sebelum memanfaatkan Deco Tool, Anda harus membuat dulu animasi sederhana untuk dijadikan obyek dasar pola animasi. Supaya mudah, tutorial ini akan membantu Anda membuat animasi dasar berupa obyek yang bertransformasi dari besar ke kecil dan sebaliknya. Penasaran? Mari kita mulai saja.

1. Jalankan aplikasi. Buatlah file baru dengan format “Flash File (Action Script 3.0)”. Klik [Deco Tool] di toolbox, lalu klik di stage. Sebuah animasi ranting daun akan tampil. Hapus animasi ranting tadi dengan [Eraser Tool] atau lakukan “Undo” dengan menekan [Ctrl] + [Z].

2. Masukkan sebuah gambar (vektor atau bitmap) yang akan dibuat menjadi animasi dekoratif dengan mengklik [File] > [Import] > [Import to Stage…]. Cari dan pilih file gambar yang hendak digunakan sebagai animasi dasar, lalu klik [Open].

3. Jadikan gambar tersebut sebuah simbol dengan mengklik-kanan gambar, lalu klik [Convert to Symbol...]. Pada boks Symbol, pilih tipe [Movie Clip] dan nama simbol tersebut. Klik [OK]. Klik-dobel pada gambar sampai masuk ke jendela properti dari simbol tersebut.

4. Klik-kanan frame pertama di timeline, lalu klik [Create Motion Tween] > [OK]. Klik-kanan pada frame terakhir, lalu klik [Insert Keyframe] > [Scale]. Klik-kanan pada salah satu frame yang ada di tengah antara frame awal dan frame akhir, kemudian pilih [Insert Keyframe] > [Scale].


5. Klik frame yang telah diberi keyframe di tengah timeline motion tween tadi, lalu klik pada gambar. Perkecil ukuran gambar menggunakan [Free Transform Tool]. Kini, obyek teranimasi dengan bentuk transformasi "besar-kecil-besar-kecil".

6. Klik [Scene 1], lalu klik [Deco Tool]. Arahkan pointer ke “Properties”. Pilih pola animasi dari “Drawing Effect”. Coba pilih [Grid Fill] atau pola lainnya jika mau. Klik [Edit...], lalu pilih simbol animasi yang Anda masukkan ke dalam pola animasi. Sudah beres? Klik [OK].

7. Dengan pola "Grid Fill", simbol akan dibuat sejajar berbaris sambil beranimasi. Atur jarak antar simbol di "Advanced Options". Klik pointer pada stage hingga muncul animasi simbol dalam bentuk sejajar. Untuk melihat hasilnya, tekan [Ctrl] + [Enter]. Pola animasi akan bergerak.

8. Coba pilih pola lain, seperti [Symmetry Brush]. Klik [Edit...], pilih simbol di boks "Swap Symbol", dan tekan [OK]. Masukkan simbol dengan cara seperti memulas kuas di kanvas. Atur arah pulasan lewat simbol di stage, lalu klik hingga muncul jajaran simbol.

9. Untuk membuat pola animasi di mana obyek dikelilingi obyek lain secara simetris dan animatif, pilih [Symmetri Brush], klik [Edit...], lalu pilih simbol yang hendak dipakai di boks "Swap Symbol", lalu klik [OK]. Pilih [Rotate Arond] pada menu "Advanced Options".

10. Selanjutnya, klik area di sekeliling bola di stage hingga muncul simbol-simbol yang Anda masukkan. Atur posisinya dengan dua handle yang ada di sekeliling bola utama. Untuk melihat hasil dengan gerakan animasi yang telah Anda buat di awal, tekan [Ctrl] + [Enter].

Mudah saja, bukan? Akhir kata, selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

 

©2009 The Fixthy Info | by TNB